Minggu, 25 Desember 2022

Mekanisme Kopling Manual Pada Motor

Tags

 


 MEKANISME KOPLING MANUAL

Kopling berfungsi ketika kita mau pindah/masukan gigi, kenapa motor itu harus memakai kopling?

Per kopling itulah pintu yang bisa memutuskan energi dan menyambungkan putaran mesin dari poros engkol ke transmisi secara instan, pemutusan energi yang instan ini diperlukan kita mau masukan dan memindahkan gigi perseneling, kalau posisi netral  putaran mesin itu  tersambung sampai ke transmisi, tetapi roda tidak berputar karena  posisi gigi netral , ketika kita tarik tuas koplingnya putaran mesin tidak terhubung ke transmisi, jadi ketika kita masukan gigi mesin tidak tersentak,  ketika kitya lepas kopling secara perlahan baru putaran tersambung transmisi.

Bagaimana cara kerja kopling?

Mekanisme kopling terletak di sebelah kanan untuk motor cub/sport , kalau dibuka kita akan menemukan banyak plat kopling dan kampas kopling.

Pertama kopling motor itu memiliki 2 poros, pertama poros luar yang terhubung dengan poros engkol, kedua poros dalam yang terhubung ke transmisi. Jadi kedua poros ini tidak terhubung atau bebas. Lalu ada dua jenis plat yaitu plat kopling/kampas kopling, plat ini terkait dengan poros luar namun plat kopling tidak punya trek dalam, sehingga ketika mesin dinyalakan plat kopling akan ikut berputar dengan poros luar tanpa memutar poros dalam. Lalu plat besi punya trek dalam tetapi tidak punya trek luar sehingga putaran dari plat kopling tidak membuat plat besi dan poros transmisi tidak berputar. Plat besi ini di pasang secara selang seling di antara plat kopling, lalu bagaimana putaran mesin bisa tersalurkan ke transmisi, ada plat satu lagi yaitu plat penekan, plat ini terpasang di ujung dan ada pegasnya. Jadi plat ini akan mendorong kedua plat supaya menempel. Karena kedua plat ini saling bergesekan maka kedua plat ini saling beputar yang membuat putaran dari poros engkol ke transmisi.

Kalau untuk memutuskannnya bagaimana?

Ada lagi namanya tuas pengendali kopling, tuas ini berada di luar mesin, tuas ini tersambung ke tuas kopling di bagian stang lewat perantara kabel, ketika  kita tarik tuas yang ada di stang  maka tuas yang ada di bawah  juga akan tertarik, gerakan tuas ini akan mengungkit plat untuk bergerak ke arah luar sehingga akan membuat kedua plat akan ada celah makan putaran akan tidak saling tersambung.

Itulah mekanisme kopling manual.

Rizqy Firmansyah, Pendiri KY OFFICIAL, belajar Bersama dan saling bertukar ilmu Baca profil Rizqy selengkapnya, klik di sini...

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)