MEKANISME KOPLING MANUAL
Kopling berfungsi
ketika kita mau pindah/masukan gigi, kenapa motor itu harus memakai kopling?
Per kopling itulah
pintu yang bisa memutuskan energi dan menyambungkan putaran mesin dari poros
engkol ke transmisi secara instan, pemutusan energi yang instan ini diperlukan
kita mau masukan dan memindahkan gigi perseneling, kalau posisi netral putaran mesin itu tersambung sampai ke transmisi, tetapi roda
tidak berputar karena posisi gigi netral
, ketika kita tarik tuas koplingnya putaran mesin tidak terhubung ke transmisi,
jadi ketika kita masukan gigi mesin tidak tersentak, ketika kitya lepas kopling secara perlahan
baru putaran tersambung transmisi.
Bagaimana cara
kerja kopling?
Mekanisme kopling
terletak di sebelah kanan untuk motor cub/sport , kalau dibuka kita akan
menemukan banyak plat kopling dan kampas kopling.
Pertama kopling
motor itu memiliki 2 poros, pertama poros luar yang terhubung dengan poros
engkol, kedua poros dalam yang terhubung ke transmisi. Jadi kedua poros ini
tidak terhubung atau bebas. Lalu ada dua jenis plat yaitu plat kopling/kampas
kopling, plat ini terkait dengan poros luar namun plat kopling tidak punya trek
dalam, sehingga ketika mesin dinyalakan plat kopling akan ikut berputar dengan
poros luar tanpa memutar poros dalam. Lalu plat besi punya trek dalam tetapi
tidak punya trek luar sehingga putaran dari plat kopling tidak membuat plat
besi dan poros transmisi tidak berputar. Plat besi ini di pasang secara selang
seling di antara plat kopling, lalu bagaimana putaran mesin bisa tersalurkan ke
transmisi, ada plat satu lagi yaitu plat penekan, plat ini terpasang di ujung
dan ada pegasnya. Jadi plat ini akan mendorong kedua plat supaya menempel.
Karena kedua plat ini saling bergesekan maka kedua plat ini saling beputar yang
membuat putaran dari poros engkol ke transmisi.
Kalau untuk
memutuskannnya bagaimana?
Ada lagi namanya
tuas pengendali kopling, tuas ini berada di luar mesin, tuas ini tersambung ke
tuas kopling di bagian stang lewat perantara kabel, ketika kita tarik tuas yang ada di stang maka tuas yang ada di bawah juga akan tertarik, gerakan tuas ini akan
mengungkit plat untuk bergerak ke arah luar sehingga akan membuat kedua plat
akan ada celah makan putaran akan tidak saling tersambung.
Itulah mekanisme
kopling manual.
EmoticonEmoticon